السلام عليكم ورحمةالله وبركاته!

Deal with the problem yourself and acknowledge existence of life, but do not let yourself be mastered. Let yourself aware of the situation of education in the form of patience, happiness, and understanding the meaning

Hadapilah masalah hidup dirimu dan akuilah keberadaannya, tetapi jangan biarkan dirimu dikuasainya. Biarkanlah dirimu menyadari adanya pendidikan situasi berupa kesabaran, kebahagiaan, dan pemahaman makna.

Thursday, June 21, 2012

Ceramah tentang pendidikan

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته!
بسم الله و الحمد الله    Ï%©!$# zO¯=tæ ÉOn=s)ø9$$Î/   zO¯=tæ z`»|¡SM}$# $tB óOs9 ÷Ls>÷ètƒ  والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمرسلين وعلى اله وصحبه اجمعين. اما بعد
Maasyiral muslimin wal muslimat rahima kumullah.
Segala puji bagi Allah SWT, tuhan yang menciptakan kita semua, tuhan yang menciptakan alam dan seluruh isinya, karena atas berkat rahmat dan nikmat-Nya yang diberikan kepada kita semua, sehingga kita masih diberi kesempatan waktu serta umur yang panjang untuk berkumpul di tempat yang berberkat nan bersahaja ini.
Shalawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada junjungan kita baginda Nabiyullah Muhammad SAW, Nabi yang membawa ummatnya dari kegelapan alam kejahilayaan menuju kepada nur kecerdasan.
Masyiral muslimin wal muslimat rahimakumulullah.
ù&tø%$# ÉOó$$Î/ y7În/u Ï%©!$# t,n=y{ ÇÊÈ   t,n=y{ z`»|¡SM}$# ô`ÏB @,n=tã ÇËÈ   ù&tø%$# y7š/uur ãPtø.F{$# ÇÌÈ   Ï%©!$# zO¯=tæ ÉOn=s)ø9$$Î/ ÇÍÈ   zO¯=tæ z`»|¡SM}$# $tB óOs9 ÷Ls>÷ètƒ ÇÎÈ 
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
Ayat ini merupakan wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhamma SAW di Gua Hira, kata Iqra’ yang berarti bacalah menandakan bahwa ummat islam harus bisa membaca, baik membaca tulisan maupun membaca tanda-tanda kebesaran Allah. Membaca merupakan salah satu dari proses pendidikan, dengan membaca manusia bisa tau sesuatu yang sebelumnya manusia tidak tau.
Maasyiral muslimin wal muslimat rahima kumulullah.
Selain menandakan betapa pentingnya membaca, ayat tersebut juga menunjukkan kedudukan menuntut ilmu, jika pemerintah Indonesia memiliki program pemberantasan buta aksara , Islam jauh  sebelumnya sudah memiliki program tersebut dengan turunnya ayat tersebut.
Allah tidak ingin ummat islam menjadi ummat yang bodoh, tidak bisa membaca, sehingga bisa dengan mudah dibodoh-bodohi oleh kaum agama lain.
Maasyiral muslimin rahima kumulullah.
Selain ayat tadi, banyak dalil-dalil lain yang menujukkan betapa pentingnya proses menuntut ilmu bagi ummat islam.
Rasulullah SAW bersabda :
وَمُسْلِمَةٍ مُسْلِمٍ كُلِّ عَلَى يْضَةٌ فَرِ الْعِلْمِ طَلَبُ
Menuntut ilmu wajib bagi semua muslim laki-laki dan muslim perempuan
Di era globalisasi ini, banyak tokoh dan lembaga yang menyuarakan persamaan hak antara laki-laki dan perempuan di berbagai bidang termasuk dalam dunia pendidikan, akan tetapi konsep persamaan hak laki-laki dan perempuan dalam dunia pendidikan sudah dicetuskan oleh islam 13 abad lalu.
Terbukti konsep ini menghasilkan banyak ilmuwan-ilmuwan islam baik dalam dunia ilmu islam maupun ilmu yang bersifat keduniaan, baik laki-laki maupun perempuan.
Aisyah r.a salah satu contohnya, beliau tidak hanya merupakan istri Rasulullah SAW tapi berliau juga mejadi salah satu penghapal hadist terbanyak, beliau juga menguasai ilmu kedokteran.
selainAisyah r.a, ada nama Imam Al Ghazali yang merupakan cendikiawan tokoh pemikir islam terbaik, Imam Syafi’i, Imam Malik, Imam Abu Hanifa, Imam Ahmad Ibnu Hambal merupakan nama-nama imam mazhab terbesar islam.
Didalam bidang ilmu keduniaan ada Ibnu Zina yang merupakan ilmuwan ahli  kedokteran terbaik yang dimiliki islam, Al Zahrawi merupakan penemu operasi bedah,Abbas Ibnu Firnas yang merupakan penemu mesin terbang yang menjadi cikal bakal penemuan pesawat, Al Jabar  kata ini mungkin tidak asing bagi kita yang suka matematika yang ternyata ditemukan oleh Al Khwarizmi yang merupakan ilmuwan islam, kamera yang mungkin kini sudah sangat tidak asing untuk kita bahkan mungkin semua HP kita sudah dilengkapi oleh perangkat yang dapat menangkap dan mengabadikan momen ini kedalam gambar bergerak maupun tidak bergerak ternyata ditemukan oleh Ibnu Al Haitham yang juga merupakan ilmuwan islam.
Ilmuwan-ilmuwan tersebut membuktikan kepada dunia bahwa islam sangat mengutamakan pendidikan dan tidak membatasi penganutnya untuk mempelajari bidang keilmuan selama bidang keilmuan tersebut tidak bertentangan dengan syariat agama islam seperti ilmu sihir.
Allah menggambarkan dalam Al Qur’an :
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râà±S$# (#râà±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_uyŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz ÇÊÊÈ  
Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Ini menunjukkan bahwa tidak hanya didunia orang yang berilmu mendapat balasan, tapi bagi orang beriman dan berilmu derajatnya akan diangkat oleh Allah di akhirat nanti.
Maasyiral muslimin wal muslimat rahimkumulullah.
Sebagai kesimpulan ceramah singkat saya ini adalah :
ILMU,
I = islam sangat memperhatikan pendidikan bagi seluruh penganutnya.
L – Laki-laki dan perempuan didalam islam wajib menuntut ilmu.
M – Manusia yang beriman dan berilmu pengetahuan oleh Allah akan diangkat derajatnya.
U – Untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat hendaklah dengan ilmu
بِالْعِلْمِ,  فَعَلَيْهِ الدُّنْيَا أَرَادَ مَنْ
Barangsiapa yang ingin mendapatkan dunia hendaknya dengan ilmu,
بِالْعِلْمِ,  فَعَلَيْهِ الأَخِرَةَ أَرَادَ وَمَنْ
Dan barangsiapa yang ingin mendapatkan akhirat hendaknya dengan ilmu,
بِالْعِلْمِ فَعَلَيْهِ أَرَادَهُمَا وَمَنْ
Dan barangsiapa yang ingin mendapatkan dunia dan akhirat maka hendaknya dengan ilmu.
Mungkin sekian dari saya, mudah-mudahan ada manfaatnya untuk kita semua, terutama untuk pribadi yang berbicar, apa yang benar itu datangnya dari Allah, dan apa yang salah itu murni kesalahan dari pribadi yang berbicara, yang merupakan manusia biasa, yang tidak luput dari kesalahan dan dosa.
Akhirul kalam
Minallahi musta’an wa ilaihi tiklan
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Baca artikel menarik lainnya :
Judul : Ceramah tentang pendidikan; Ditulis oleh Ahmad Syarif; Rating: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Ceramah tentang pendidikan ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

No comments:

Post a Comment

Belajar Blog dan SEO di trikmudahseo.blogspot.com - Support www.evafashionstore.com