السلام عليكم ورحمةالله وبركاته!

Deal with the problem yourself and acknowledge existence of life, but do not let yourself be mastered. Let yourself aware of the situation of education in the form of patience, happiness, and understanding the meaning

Hadapilah masalah hidup dirimu dan akuilah keberadaannya, tetapi jangan biarkan dirimu dikuasainya. Biarkanlah dirimu menyadari adanya pendidikan situasi berupa kesabaran, kebahagiaan, dan pemahaman makna.

Saturday, February 16, 2013

Manajemen dan strategi kepemimpinan kepala sekolah.

Kepemimpinan pada dasarnya adalah suatu proses menggerakkan, mempengaruhi, dan membimbing orang lainn dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
Sekolah merupakann salah satu bentuk dari organisasi pendidikan dan kepala sekolah merupakan pemimpin dari organisasi tersebut, jadi jika definisi kepemimpinan dituangkan pada konsep kepemimpinan kepala sekolah maka dipahami bahwa kepemimpinan kepala sekolah adalah suatu proses menggerakan, mempengaruhi, dan membimbing orang-orang yang berada dalam lingkup sekolah dalam rangka mencapai tujuan dari sekolah tersebut.
Sebagai pemimpin sebuah organisasi, kepala sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat. Olehnya itu, jika seorang kepala sekolah ingin sukses mengemban amanah ini, ia harus menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat.
Salah satu teori gaya kepemimpinan yang dapat diterapkan oleh seorang kepala sekolah adalah teori sifat (trait theory) yang memandang bahwa keefektifan kepemimpinan itu bertumpu pada sifat-sifat atau karakter yang dimiliki seseorang seperti kecerdasan, harga diri, dan lain-lain.
Teori lain adalah teori perilaku (behavior theory) yang menekankan bahwa keefektifan kepemimpinan itu bertumpu pada perilaku atau proses kepemimpinan yang ditunjukkan dalam organisasi yang dipimpin, bukan bertumpu pada sifat atau ciri-ciri kepribadian seseorang.
Secara umum kepemimpinan dapat dinilai berdasarkan 4 macam orientasi kepemimpinan yaitu task oriented leadership (kepemimpinan yang beriorientasi tinggi pada tugas), relationship oriented leadership (kepemimpinan yang berorientasi tinggi pada hubungan dengan manusia), integrated oriented leadership (kepemimpinan yang berorientasi tinggi pada tugas dan hubungan manusia), dan impoverished leadership (kepemimpinan yang berorientasi rendah pada tugas dan hubungann dengan manusia).
Dalam memimpin sebuah sekolah, kepala sekolah juga harus mengetahui dan menguasai strategi kepemimpinan seperti strategi memberi perintah, strategi menegur, strategi menghargai, strategi menerima saran, strategi memelihara identitas, strategi mengenalkan anggota baru, dan strategi menciptakan disiplin kelompok.

Jika Teman-teman menyukai Artikel di blog ini, Silahkan Klik disini atau masukkan email teman-teman pada kolom yang telah disediakan untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Teman-teman akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di blog saya ini

Baca juga tulisan berikut

No comments:

Post a Comment